Rabu, 24 Oktober 2012

Beginilah Cara Mengatur Keuangan Anda



Pernahkah Anda berpikir sudah berapa banyak menghabiskan uang selama perjalanan hidup ini? Banyak hal yang Anda lakukan dengan mengeluarkan sejumlah uang. Bahkan mungkin untuk beberapa keperluan pokok yang harus terbeli setiap bulan saja tidak akan cukup untuk memenuhi hasrat Anda untuk membeli barang lainnya yang sebenarnya tidak penting.
Mencari hiburan mungkin salah satu faktor terpenting untuk mengembalikan kesegaran otak setelah lelah seminggu bekerja. Hal itu memang tidaklah salah. Namun, tak sedikit orang yang tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan hiburan dengan pergi ke bioskop dan menonton film, tapi mereka tetap bisa segar dalam menjalani kehidupan. Biar bagaimanapun, pergi ke bioskop dan menonton film tetap memerlukan anggaran tersendiri.

Ini adalah salah satu contoh gambaran bagaimana perlunya Anda mengatur pengeluaran. Bukan berarti tidak boleh bersenang-senang, namun ada baiknya jika Anda lebih bijak dalam mengatur biaya yang dikeluarkan diluar kebutuhan pokok. Sebuah studi yang diteliti oleh Amar Cheema dan Dilip Soman dalamJournal of Marketing Research menunjukkan bahwa ini merupakan kunci untuk pengendalian konsumsi yang berlebihan. Dan hal ini berkaitan dengan tiga hiburan favorit Anda, yaitu berbelanja, menonton film di bioskop, dan makan di restoran.

Tahukah Anda darimana asalnya jumlah tagihan Anda mulai membengkak? Kartu debit dan kredit disinyalir telah membunuh konsep biaya bertransaksi langsung. Dengan segudang kemudahan yang diberikan, Anda bisa saja kecolongan beberapa juta untuk membeli barang yang belum tentu Anda perlukan dan gunakan. Dalam era debet seperti sekarang ini, kehidupan telah menjadi salah satu hambatan besar. Namun disamping itu kita menyadari berapa uang yang kita miliki dan besarnya pengeluaran yang justru sangat bergantung akan itu. Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat mengatur pengeluaran dengan baik?
Identifikasi Pendapatan Tambahan Anda
Di luar gaji yang diterima setiap bulannya, Anda mungkin memiliki pendapatan tambahan. Hal ini merupakan salah satu faktor keuntungan bagi Anda. Tapi jangan terlalu senang, hal ini justru juga bisa membuat Anda kehilangan kontrol atas berbelanja. Untuk memenuhi hasrat membeli barang-barang terkini dan termodern atau bahkan makan di restoran paling mahal sekalipun. 
 
Lalu bagaimana mengatur pendapatan Anda yang 'berlebih' ini dengan bijak? Kembali lagi kepada pribadi Anda masing-masing untuk memikirkan masa depan. Selain menabung dan membeli barang-barang kebutuhan pokok setiap bulannya, memang tidak ada salahnya untuk memanjakan diri dengan berbelanja. Tapi jangan lupa untuk memberikan sedikit ruang tambahan di dalam akun tabungan Anda untuk menambahkannya dengan pendapatan tambahan Anda ini.
 
Membuat Pos Sesuai Kebutuhan
 
Menyimpan uang dalam bentuk tunai ke dalam amplop-amplop memang sudah banyak ditinggalkan di zaman modern seperti ini. Mereka lebih memilih untuk menaruhnya di bank dengan beberapa alasan termasuk jaminan keamanan. Namun ada baiknya bila Anda kembali menggunakan cara kuno ini untuk mengatur pengeluaran. 
 
Sediakan beberapa amplop yang bisa Anda isi sesuai dengan jenis pengeluaran yang pasti Anda keluarkan setiap bulannya. Tagihan listrik, cicilan mobil, dan biaya lainnya yang harus Anda bayarkan. Ini bisa membantu Anda untuk melihat berapa banyak sisa gaji Anda dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih menghabiskannya atau justru menyimpannya di bank.
 
Membuat Daftar Kebutuhan
 
Ini mungkin cara yang paling mudah, membuat daftar yang berisi tentang semua kebutuhan yang Anda perlukan. Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan hiburan. Kebutuhan pokok sudah pasti harus Anda keluarkan, sedangkan datftar yang terdiri dari kebutuhan hiburan bisa menjadi pilihan Anda apabila sisa pendapatan Anda berlebih. Tetap, ini semua adalah sebuah pilihan bukan?
 
Mengubah Prioritas Kebutuhan
 
Anda mungkin sudah membuat daftar kebutuhan, mulai yang terpenting hingga yang sekunder. Namun tak ada salahnya untuk mengacaknya dan melihat bagaimana hasilnya. Berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk dikeluarkan, kemudian mengacaknya lagi. 
 
Hal ini bisa membantu Anda untuk melatih otak agar memiliki suatu pandangan yang pasti mengenai berapa banyaknya pengeluaran yang dibutuhkan dan membuang anggaran yang tidak perlu. Ini juga sekaligus berfungsi sebagi terapi, dimana Anda akan terlatih untuk terbiasa dengan menomorsatukan hal yang terpenting dahulu.
 
Hal-hal diatas bukanlah sebuah patokan untuk membuat Anda lebih kaya dari sebelumnya. Biar bagaimanapun semua tetap kembali ke cara Anda mengatur pengeluaran, dan menjadi salah satu jalan yang terbaik untuk menghindari diri Anda dari kekurangan.

http://www.bimapedia.com/2012/07/cara-bijak-mengatur-keungan.html
Bagikan ke :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share