Rabu, 24 Oktober 2012

Kota Berdinding Batu Mulia Bawah Tanah

Siapa sangka ada sebuah kota di bawah tanah di Australia. Sekilas, kota yang ada di gurun pasir di Australia Selatan dekat kota Adelaide ini memang tidak nampak seperti kota lainnya yang gemerlap penuh lampu, terlebih jika malam tiba. Namun jika Anda bertanya di mana letak Coober Pedy atau ‘Opal City’, maka penduduk sekitar pasti menunjuk ke arah gurun pasir panas tersebut.

Coober Pedy memang bukan kota yang biasa, sebab dibangun di bawah tanah. Yang banyak muncul di atas permukaan tanahnya hanya cerobong udara yang bentuknya seperti jamur yang muncul di musim hujan.

Bukan tanpa alasan jika kota ini berada di bawah tanah. Coober Pedy asalnya adalah sebuah daerah pertambangan batu mulia jenis opal yang konon memasok hampir 70% batu opal di seluruh dunia. Karena banyaknya lorong-lorong dan ruangan bawah tanah yang telah ditinggalkan, maka ruangan tersebut akhirnya digunakan sebagai tempat tinggal oleh para penambang.

Alasan lainnya, suhu udara di permukaan gurun pasir yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan di bawah tanah menyebabkan penduduk lebih nyaman bermukim di sana. Kini, ada sekitar 3500 jiwa penduduk yang mendiami kota bawah tanah tersebut. Berbagai fasilitas umum seperti kota pada umumnya pun melengkapi Coober Pedy. Mulai dari gereja, rumah makan, hotel, pusat perbelanjaan, bahkan tempat wisata seperti kolam renang juga tersedia disini.

Tarif penginapan di kota Coober Pedy ini termasuk yang paling murah di Australia. Ada yang hanya sekitar Rp. 100 ribu saja per malam. Hal tersebut membuat kota Coober Pedy menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi para wisatawan jika ke Australia.

Selain itu, karena keunikannya, kota ini juga menjadi tempat pembuatan film-film terkenal seperti Ghost Rider, Red Planet, dan banyak lainnya. Jika hidup di bawah tanah terdengar menakutkan, gelap, lembab dan sempit, maka pikirkan sekali lagi. Rumah-rumah dengan dinding batu mulia berwarna yang cantik mungkin akan mengubah pendapat Anda. Ingin mempunyai pengalaman yang berbeda? Coba saja kunjungi kota bawah tanah ini.

http://www.bimapedia.com/2012/07/coober-pedy-kota-bawah-tanah-berdinding.html
Bagikan ke :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share