Jumat, 09 November 2012

5 Tips Mudah Mencegah Mata Lelah Saat Memakai Komputer


Saat ini aktifitas kita sehari-hari baik di rumah maupun di kantor seringkali berkaitan dengan penggunaan komputer. Terlebih lagi bagi yang setiap hari berhadapan dengan komputer selama berjam-jam. Tentu saja rasa lelah terutama kelelahan mata akan kita rasakan karena terus menerus memandang layar monitor komputer.
5 Tips Mudah Mencegah Mata Lelah Saat Memakai Komputer Images
Berbagai cara kemudian dilakukan untuk mengatasi mata lelah karena seringnya berhadapan dengan komputer. Padahal sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengurangi mata lelah ini. Simak uraian di bawah ini.
1. Sesuaikan posisi monitor komputer
Sebuah penyesuaian sederhana terhadap posisi monitor komputer Anda bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi mata lelah. Untuk kenyamanan yang lebih optimal paling tidak monitor harus berjarak sekitar 40-60 centimeter dari mata Anda. Posisi atas monitor komputer Anda juga sebaiknya sebatas mata, sehingga Anda akan melihat kebawah saat memandang monitor bukan keatas.
2. Sesuaikan pencahayaan
Pengaturan cahaya di dalam ruangan kantor baik cahaya lampu maupun sinar matahari dari jendela bisa menimbulkan pantulan pada layar monitor sehingga dapat membuat mata Anda cepat lelah. Atur posisi monitor sehingga tidak terjadi pantulan yang bisa mengganggu pandangan Anda.
3. Gunakan aturan 20-20-20
Anda bisa menerapkan aturan ini untuk mengurangi mata lelah akibat berada lama di depan monitor. Setiap 20 menit carilah sebuah objek yang berjarak sekitar 20 kaki (6-7) meter dan tataplah selama kurang lebih 20 detik.  Tips ini diberikan oleh labnol.org yang ditujukan untuk memberikan latihan kepada mata dan memberikan jeda bagi mata dari pancaran sinar yang terang dari monitor.
4. Gunakan kacamata Gunnar
Banyaknya paparan cahaya dari layar monitor dalam waktu yang lama memang tidak bisa dihindari jika Anda sedang melakukan pekerjaan yang penting. Salah satu solusi untuk tetap bisa mengerjakannya dengan nyaman adalah dengan memakai kacamata dari Gunnar. Kacamata ini berwarna kuning pada lensanya untuk menetralisir warna biru yang dihasilkan oleh monitor. Kacamata ini didesain khususnya untuk para gamer yang sering duduk sangat lama di depan komputer.
5. Atur meja kerja agar mudah “dijangkau” mata
Seringkali bahan yang harus Anda ketik berada pada posisi yang agak jauh sedangkan keyboard berada terlalu dekat. Hal ini akan membuat mata harus lebih sering berakomodasi untuk menyesuaikan pandangan yang maksimal, yang menyebabkan mata cepat lelah. Untuk itu sebisa mungkin letakkan perangkat dan materi yang Anda perlukan pada jarang yang tidak berbeda terlalu jauh.
Demikian beberapa tips untuk mengatasi mata lelah karena terlalu lama berada di depan komputer. Ingatlah untuk lebih mengutamakan kesehatan Anda saat sedang bekerja.
cintagadgetdotcom
Bagikan ke :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share