Dengan
semakin berkembangnya teknologi canggih saat ini, kebutuhan berbelanja
pun tidak perlu lagi dilakukan dengan keluar rumah. Belanja online kini
semakin menjadi tren untuk kemudahan mendapatkan berbagai barang tanpa
harus datang ke tempat penjual yang mungkin lokasinya cukup jauh.
Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk membuka toko online maupun
berjualan online dengan memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.
Untuk
bisa sukses berjualan online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
agar konsumen tidak kecewa dan justru tertarik untuk membeli kembali
barang-barang di toko online Anda. Simak beberapa tips berjualan online berikut ini.
1. Berikan yang terbaik
Jika
kita menawarkan sebuah barang melalui media online tentu saja agar
barang sampai ke konsumen harus melalui jasa pengiriman. Pastikan Anda
mengirimkan barang dengan kondisi yang paling baik dan memilih jasa
pengiriman yang berkualitas, tentunya dengan ongkos kirim yang
sebelumnya telah disepakati. Dengan memberikan barang dengan kondisi
terbaik sangat penting untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap
toko online Anda. Mengingat konsumen tidak melihat kondisi barang
sebelum membelinya, sehingga Anda tidak boleh mengecewakan konsumen.
Apalagi jika barang yang dikirim tidak sesuai dengan harapan konsumen,
untuk melakukan pengembalian barang atau retur juga membutuhkan tambahan
biaya pengiriman.
2. Ciptakan kenyamanan belanja pada konsumen
Selain
menggunakan iklan yang menonjolkan beberapa kelebihan produk, akan
lebih baik jika Anda bisa langsung “hadir” di berbagai media online agar
kesempatan konsumen untuk berbelanja menjadi lebih banyak dan mudah.
Seperti yang kita tahu saat ini para pengguna
internet selain mengakses toko online juga membuka review produk dari
sebuah blog, Facebook, dan media-media lain. Akan sangat bagus jika Anda
bisa menyediakan akses terhadap barang yang Anda jual dari berbagai
media online tersebut. Kemudian Anda juga harus berkomitmen untuk
merespon pertanyaan atau keluhan pelanggan dengan cepat. Support kepada
pelanggan akan mempererat hubungan dan meningkatkan kepercayaan
pelanggan.
3. Berikanlah “cerita” untuk pelanggan
Banyak
toko online yang melupakan kekuatan bercerita kepada konsumen. Cerita
ini bisa bermacam-macam, misalnya bagaimana awal mulanya Anda mendirikan
toko online, alasan Anda membuat toko online, pengenalan produk yang
Anda jual, dan lain-lain. Hal ini akan bisa menarik pelanggan dan
memperkuat ikatan antara penjual dan pelanggan dibandingkan dengan
memberikan diskon yang bersifat sementara.
4. Perhatikan kompetitor
Dengan
semakin banyaknya orang yang memanfaatkan media online untuk berjualan
tentu saja membuat persaingan menjadi lebih ketat. Karena itu Anda juga
harus memperhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda. Setelah itu
Anda bisa membuat sebuah inovasi baru yang bisa membuat toko online
Anda menjadi lebih unggul dan tidak ketinggalan tren berjualan di dunia
online.
cintagadgetdotcom
Tidak ada komentar:
Posting Komentar