Rabu, 24 Oktober 2012

Manfaat Alkohol Bagi Kesehatan



Tidak terhitung lagi berapa banyaknya dampak buruk yang diakibatkan setelah mengkonsumsi minuman beralkohol. Selain cukup menguras dompet Anda karena harganya yang cukup melebihi dari sekedar minuman ringan seperti soda atau jus buah-buahan, minuman beralkohol juga menimbulkan beberapa penyakit dan ketergantungan.  Tapi tahukah Anda jika alkohol sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan?
Kunci untuk menuai keuntungan dari minuman keras atau minuman beralkohol adalah pengendalian terhadap jumlahnya. Walaupun terkadang bahkan minum alkohol dalam jumlah ringan masih dapat mengakibatkan kerusakan berbagai organ tubuh. Berikut adalah 7 manfaat alkohol bagi Anda:
1. Kesehatan Jantung
Antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah dikatakan mempromosikan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular. Orang yang aktif secara fisik dan mengonsumsi minimal satu gelas minuman beralkohol seminggu sekali memiliki kesempatan 50 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Selain itu, minuman sesekali juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk selamat dari serangan jantung. (Catatan: hal-hal bermanfaat yang sama dalam anggur juga ditemukan dalam buah anggur dan jus anggur, sehingga minuman buah merupakan alternatif non-alkohol yang cukup baik).
2. Kolesterol yang Baik
Bir dan anggur dapat meningkatkan kolesterol yang baik ataui disebut HDL (jenis yang baik). Dua jenis minuman ini juga dapat membantu mencegah plak yang menumpuk secara berlebihan di arteri Anda. Hal ini dapat mencegah pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis).
3. Radang Sendi
Alkohol sangat dapat mengurangi kesempatan Anda untuk mengalami penyakit radang sendi terutama pada saat berusia lanjut. Namun, minuman keras dikatakan meningkatkan resiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang. Jadi sementara segelas anggur dapat mencegah tulang Anda dari mendapatkan pegal yang timbul secara terus-menerus, juga dapat membuat lebih rentan untuk mendapatkan patah tulang. 
Serba salah memang karena adanya 2 hal tersebut, tetapi Anda tahu apa yang mungkin bisa membantu? White Russians, minuman yang mengandung susu dan alkohol, dan itu berarti Anda dapat membantu tulang Anda dengan dua cara. Ini sangat jenius!
4. Mengandung Serat
Bir sebenarnya merupakan sumber yang kaya akan serat. Bahlkan bir dapat memberikan lebih dari seperempat asupan harian serat yang baik untuk tubuh Anda. Tentu saja, serat terlalu banyak dapat menyebabkan masalah. Dan toilet adalah solusinya. Yah, mungkin tidak masalah, tapi setidaknya dapat menyebabkan banyak kertas toilet terbuang.
5. Mengurangi Potensi Kanker
Yup, bahkan ancaman kambuh dan kematian akibat kanker tertentu dapat dikurangi dengan beberapa anggur yang diminum dengan berkala. Secara khusus, kanker ginjal dikatakan bisa dikurangi dengan mengonsumsi anggur merah. Walaupun bisa membantu untuk mengurangi kemoterapi, maka bisa dipertimbangkan untuk meminumnya dengan bijak.
6. Kondisi Neurologis
Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi sedikit alkohol sekali-sekali dapat membantu menjaga sel-sel syaraf. Protein dalam selubung mielin yang membantu menjaga jalur saraf pada sistem saraf merespon alkohol secara positif. Tentu saja, terlalu banyak alkohol telah dikaitkan dengan kematian sel otak, jadi sekali lagi, moderasi atau sebuah kontrol yang baik adalah kuncinya.
7. Selamatkan Jiwa
Itu hanya mungkin dapat menyelamatkan Anda dalam satu cara yang sangat khusus. Mengonsumsi alkohol bisa mengurangi resiko terkena otak beku. Sejumlah alkohol dipercaya bisa membantu karena mengandung komponen utama yang menyebabkan kebekuan pada otak atau bahkan radang otak yang bisa menyebabkan kematian. Namun tentu saja konsumsi dengan bijak.
Sebagai catatan akhir, ini tidak berlaku untuk para mantan pecandu alkohol. Pasalnya, kondisinya akan berbeda antara mengkonsumsi dengan cara bijak dengan konsumsi alkohol secara berlebihan. Apa yang bisa diharapkan dari tulisan ini bagi para mantan pecandu alkohol? Surga? Wah, meskipun memiliki manfaat, bukan berati Anda bisa sesukanya minum alkohol.

http://www.bimapedia.com/2012/07/ternyata-alkohol-bermanfaat-untuk.html
Bagikan ke :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share