Rabu, 24 Oktober 2012

Gangguan Mental dapat Menyerang Orang Kidal


Ada banyak mitos tentang pengguna tangan kiri sebagai tangan utama mereka. Pada zaman dahulu mereka dianggap aneh dan dipaksa untuk mengubah orientasi mereka. Namun belakangan, mereka dianggap lebih kreatif dan kadang-kadang lebih cerdas daripada pengguna tangan kanan. Benarkah begitu?

Kebanyakan mitos ini hanya generalisasi dan tidak ditemukan pada setiap kebenaran ilmiah yang kuat. Meskipun penelitian telah membuktikan bahwa orang kidal adalah pemikir yang cepat, tidak ada yang memvalidasi bahwa mereka lebih cerdas. Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Oxford telah membuktikan bahwa orang kidal lebih rentan untuk mengembangkan masalah kesehatan mental dalam perjalanan kehidupan mereka.

Jenis Penyakit Mental
Penelitian mengatakan bahwa orang kidal memiliki kemungkinan untuk mengembangkan gangguan kepribadian seperti schizoprenia dan kepribadian ganda. Schizoprenia adalah penyebaran yang sangat luas masalah kesehatan mental yang mungkin dimiliki setiap 1 dari 100 orang. Kadang-kadang, tidak terdeteksi selama bertahun-tahun. Dengan kata singkatnya, khayalan, ketakutan dan fobia merupakan faktor yang membentuk penyakit mental dalam tingkat yang parah.

Mengapa Kidal?
Biasanya, otak kanan berhubungan dengan keterampilan bahasa dan bicara, sementara otak kiri digunakan untuk mengontrol emosi. Jadi pada dasarnya, sisi kanan otak memiliki fungsi kognitif dan kiri memiliki satu emotif. Para pemakai tangan kiri memiliki masalah unik yang disebut lateralisasi otak. Untuk kidal, fungsi-fungsi ini terbalik. Hal ini menyebabkan kondisi yang disebut 'otak asimetri' yang merupakan salah satu penyebab utama masalah kesehatan mental.

Gen Schizophrenic
Tidak semua orang kidal sudah pasti terkena schizoprenia, karena otak asimetri hanyalah salah satu penyebab gangguan mental, namun itu bukan satu-satunya. Sekitar 20% pasien schizoprenia adalah pemakai tangan kiri atau kidal. Meskipun tidak dalam jumlah absolut, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi stabilitas mental para kidal.

Tangan Kiri yang Super
Pengguna tangan kiri memiliki beberapa orang yang terkenal. Sebut saja presiden Amerika Serikat, George W Bush dan Barack Obama lalu musisi seperti Kurt Cobain dan Jimmy Hendrix juga kidal. Jadi tidak perlu takut untuk menjadi pengguna tangan kiri yang super! 

http://www.bimapedia.com/2012/07/orang-kidal-rawan-gangguan-mental.html
Bagikan ke :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share