Kamis, 08 Desember 2011

KELEBIHAN/KEUNTUNGAN DAN KEKURANGAN/KELEMAHAN RADIO STREAMING

Radio Streaming adalah radio yang menggunakan media internet sebagai transmisi berbentuk digital, memang ada kekurangannya akan tetapi tentu ada kelebihannya bila dibandingkan radio konvensional.

Kelebihan/Keuntungan Radio Streaming :
  1. Bila dibandingkan dengan radio konvensional (AM FM), jelas lebih murah karena hanya menggunakan media internet yang kalkulasinya jauh lebih murah dalam soal listrik. radio yang memakai pemancar FM 5kilo dapat diperkirakan pembayaran listriknya 15juta keatas per bulannya, sedangkan radio Streaming bisa saja hanya 1juta lebih per bulannya (dihitung sama penggunaan listrik studio/kantor)
  2. Karena berbasis data Digital ke suara digital, sudah barang tentu suara yang dihasilkan radio streaming lebih jernih dan jelas apalagi kalau memakai format setting suara tipe AAC. 
  3. Jangkauan pendengar seluruh dunia melalui jaringan internet, beda dengan radio konvensional yang memiliki jangkauan terbatas.
  4. Tidak ada istilah penumpukan signal dengan signal radio lain seperti halnya permasalahan di radio konvensional, jadi tidak ada sistem mengganggu frekuensi radio lain.
  5. bisa merekam siaran dengan menggunakan aplikasi mendengaran streaming yang dilengkapi dengan tombol perekam, contohnya aplikasi Rarma Radio, Nux radio.. atau bisa langsung direkam melalui fasilitas perekam di komputer/laptop contohnya Adobe Audition.
  6. Dapat mengetahui jumlah pendengar
Kelemahan/Kekurangan Radio Streaming :
  1. Pendengar jelas masih kurang untuk wilayah kita (dalam konteks Indonesia) karena masih belum banyak yang mengetahui cara mendengarkan radio di internet (menurut survei saya sendiri ke lingkungan sekitar)
  2. suara yang terkadang putus-putus bahkan langsung lenyap, bila dibandingkan dengan radio FM walaupun radio FM itu terkadang tidak jernih akan tetapi masih terdengar...kalau radio streaming kalau lenyap ya jelas tidak terdengar sama sekali. 
Ada yang mau nambahkan ?? silahkan berkomentar dibawah
    Bagikan ke :

    4 komentar:

    1. semoga kelamahan itu bukan menjadi penghalang bagi kita untuk berkreasi .

      BalasHapus
    2. terus.... apa dong solusinya untuk mengatasi hal itu?

      BalasHapus
    3. solusix mnurut saya : kalo lagi dengerin live streaming jgn dibarengi download lagu dll.. slain itu solusix pake jaringan internet yg sudah trpercaya speedx seperti teklom speedy, klo modem wirelles pake smartfren yg bandwitchhx lbig bagus dibanding lainnya.. solusi yg sbenarx bagus tapi masih agak susah di indonesia yakni menambah kcepatan internet negara kita tapi itu susah karena setahu saya memakan baaaanyak biaya..!!

      BalasHapus

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Twitter fb share