Selasa, 17 Juni 2014

Kelompok Tani Kopi serah terima Pulper oleh Koperasi Agro Mandiri

Bantaeng (suarakomunitas.net, NbcFm) 15/6/2014 - Kelompok Tani (Poktan) Kopi yakni Poktan Baji Ati II dan poktan Pucuk Mekar yang menerima bantuan mesin Pulper (penggiling gelondongan menjadi kopi gabah) dari Koperasi Agro Mandiri tersebut merupakan kelompok tani binaan Yapensa dalam project Bawakaraeng Coffee yang di support oleh Ford Foundation.

Penyerahan bantuan mesin pulper tersebut merupakan bentuk perhatian pihak Koperasi terhadap kelompok tani yang telah bekerja sama dalam program pemasaran model kemitraan bermediasi. Model ini yang juga disebut dengan model "Motramed" merupakan salah satu yang terdapat pada program pemasaran dalam project Bawakaraeng Coffee oleh Yapensa bekerja sama dengan ford Foundation. model pemasaran kopi Arabika ini mencakup kemitraan antara Petani dengan Koperasi dan Eksportir dimana Yapensa sebagai mediatornya.

Ke dua Kelompok Tani tersebut terletak di Kecamatan Tompobulu, Kabupten Bantaeng. Serah terima bantuan mesin pulper dimulai pada Sekretariat kelompok Tani "Baji Ati 2" di Dusun Panjang Utara, Desa Labbo dan kemudian dilanjutkan ke sekretariat Poktan "Pucuk Mekar" di dusun Katabung, Desa Pattaneteang yang di saksikan langsung oleh Kepala Desanya yakni Bapak Muhammad Arsyad.

Pak Musakkir selaku Ketua Poktan Baji Ati 2 mengungkapkan rasa bersyukurnya karena merupakan satu-satunya kelompok tani di Desa Labbo yang di proritaskan mendapatkan bantuan tersebut. hal senada juga di sampaikan oleh Bapak Guru Nahing (Ketua Poktan Pucuk Mekar Pattaneteang).

Ke dua kelompok tani Binaan Yapensa ini mendapatkan bantuan mesin pulper bukan karena hasil godokan, akan tetapi pemilihan Poktan yang berhak mendapatkan bantuan dari Koperasi Agro Mandiri ini didasari penilaian bahwa ke dua kelompok ini merupakan kelompok yang memiliki tingkat keaktifan dalam project bawakaraeng Coffee, selain itu memiliki kekompakan dibanding dengan kelompok lainnya dan juga memiliki kemampuan berkoperasi yang cukup diacungi jempol, ungkap Deputy Project Leader/Ketua Yapensa yakni Bapak Hermansyah Gafur. (Prd)

Tag : yapensa.or.id , coffindo.com, www.fordfoundation.org/www.nbcradiobantaeng.co.nr

Bagikan ke :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share