Kamis, 08 November 2012

Pengaruh Teknologi Pada Efektivitas Kerja





 
 
 
 
Pernah mendatangi pameran mesin industri yang biasanya diadakan di JIExpo (Jakarta International Expo)? Pada pameran tersebut kita bisa melihat berbagai macam mesin - mesin industri berteknologi tinggi yang diproduksi dari berbagai negara. Tidak sedikit pengunjung yang terkagum - kagum melihat teknologi yang digunakan. Bahkan disana terdapat sebuah mesin amplas kayu yang setidaknya bisa menggantikan 50 tenaga kerja manusia. Dari situ kita bisa menyimpulkan bahwa pengaruh teknologi pada efektivitas kerja sangatlah besar. Perusahaan pengguna mesin - mesin produksi yang berteknologi tinggi biasanya hanya menggunakan sebagian kecil tenaga manusia dalam proses produksinya.
 
Sebuah perusahaan yang dituntut untuk memiliki hasil produksi dalam skala besar biasanya cenderung menggunakan teknologi tinggi dalam proses produksinya. Namun tetap ada bagian atau tahap yang harus dikerjakan oleh tenaga manusia. Efektivitas kerja dari para tenaga kerja akan berjalan stabil sesuai target bila tenaga kerja tersebut bekerja dengan menggunakan alat/benda yang memiliki teknologi tinggi. Sebagai perbandingan, karyawan bagian sanding / amplas yang bekerja dengan menggunakan mesin hand sander (mesin amplas tangan) bisa menghasilkan 15 meja dalam sehari kerja (7 jam kerja). Sedangkan karyawan bagian sanding yang menggunakan mesin sanding besar yang kerjanya menggunakan sistem komputerisasi bisa menghasilkan 50 meja dalam sehari.
 
Pengaruh teknologi pada efektivitas kerja juga bisa dilihat dari tingkat kesalahan / error yang dilakukan oleh tenaga kerja. Semakin tinggi teknologi yang digunakan, maka semakin kecil pula tingkat kesalahan yang mungkin terjadi. terlebih bila teknologi yang digunakan adalah teknologi yang berbasis pada komputerisasi dimana kinerja dari mesin yang digunakan telah diprogram dengan baik sehingga tenaga kerja hanya bertugas mengoperasikan mesin dan mengontrol hasil output dari mesin tersebut.
 
Bila aktivitas sebuah industri sebagian besar masih menggunakan mesin - mesin manual dan membutuhkan banyak tenaga kerja, maka hal terberat yang harus dihadapi perusahaan adalah saat para tenaga kerja tersebut mangkir (tidak masuk kerja). Dengan menggunakan mesin berteknologi tinggi yang secara otomatis menekan jumlah tenaga kerja dalam satu divisi, maka masalah banyaknya karyawan yang mangkir sudah bukan merupakan hal yang mengkhawatirkan bagi pihak perusahaan. Sehingga pengaruh teknologi pada efektivitas kerja bisa dirasakan dari jumlah hasil produksi yang tidak berpengaruh secara signifikan pada saat tenaga kerja mangkir. 

Video mesin - mesin dengan teknologi tinggi

Dalam video ini akan diperlihatkan beberapa mesin - mesin yang memiliki teknologi yang tinggi
(indahf/Carapedia)


 
Pencarian Terbaru (100)
Efektivitas kerja. Pengaruh teknologi. Contoh pengaruh teknologi terhadap jumlah penawaran. Dampak penggunaan teknologi komputer terhadap perusahaan. Penggunaan tenaga kerja dan mesin. Efektifitas kerja. Contoh efektivitas.
Contoh teknologi tenaga kerja. Pengaruh teknologi terhadap kesempatan kerja. Dampak teknologi informasi untuk tenaga kerja. Pengertian efektivitas kerja menurut para ahli. Teknologi bagi perusahaan. Permasalahan teknologi internasional. Peran ilmu teknologi dalam dunia kerja.
Pengertian efektivitas kerja. Contoh pengaplikasian teknologi informasi di dunia kerja. Pengaruh terhadap kesehatan tenaga kerja. Pengerauh mesin digital terhadap kinerja pegawai. Pengertian teknologi tingkat tinggi. Tenaga kerja dan mesin. Definisi teknologi tingkat tinggi.
Teknologi pada alat dan mesin produksi. Dampak teknologi terhadap tenaga kerja. Teknologi kerja. Contoh pengaruh teknologi terhadap kinerja. Pengaruh teknologi dalam dunia bisnis. Pengaruh teknologi dalam dunia kerja. Peran teknologi dalam dunia kerja.
Contoh masalah dalam dunia usaha. Mesin teknologi tinggi. Efektivitas kerja dan teknologi. Manfaat teknologi dari sisi efektivitas. Gambar alat tangan kerja kayu. Peran teknologi. Memanfaatkan teknologi untuk kinerja kerja.
Pengaruh teknologi dalam perusahaan. Penjelasan teknologi dalam proses produksi. Manfaat amplas. Macam macam teknologi tenaga kerja. Pengunaan tenaga kerja mesin. Pengaruh teknologi informasi terhadap tenaga kerja. Teknologi hasil pertanian dalam dunia kerja.
Tujuan teknologi dalam bidang teknologi. Pengaruh tenaga mesin bagi perusahaan. Peran teknologi komputer dalam dunia perusahaan. Dampak teknologi buat tenaga kerja. Manfaat teknologi dalam pekerjaan. Permasalahan dalam dunia kerja. Manfaat teknologi bagi dunia kerja.
Macam macam teknologi dalam produksi. Perusahaan yang menggunakan tenaga kerja manusia dan tenaga kerja mesin. Peralatan kayu dan fungsinya. Pentingnya teknologi bagi perusahaan. Contoh kasus tehnologi inforamasi dan desain pekerjaan. Pengertian teknologi dalam perusahaan. Pengaruh teknologi dalam proses produksi.
Dampak teknologi informasi bagi tenaga kerja. Mesin amplas yang paling besar. Pengaruh teknologi komputer di dalam dunia kerja. Dampak ilmu teknologi bagi perusahaan. Manfaat teknologi informasi dan teknologi di bidang ketenagakerjaan. Contoh mesin penerapan teknologi di bidang pertanian. Peranan teknologi bagi dunia.
Dunia kerja di mesin. Ilmu teknologi dalam dunia kerja. Alat kerja kayu mesin. Mesin kayu. Tehnologi kerja. Mesin pabrik peralatan bayi. Pekerjaan yang menggunakan teknologi.
Macam macam teknologi komputer. Peran teknologi dalam bidang industri. Contoh proposal isi hasil efektifitas. Dampak teknologi terhadap pekerjaan. Profesi yang menggunakan teknologi. Fungsi teknologi bagi proses produksi. Definisi efektivitas.
Peran teknologi dalam pekerjaan. Pengaruh teknologi terhadap kinerja karyawan. Pengaruh ti terhadap efektifitas kinerja. Penggunaan tenaka kerja dan mesin. Mesin amplas untuk pabrik. Teknologi terhadap perusahaan. Peran teknologi dalam suatu perusahaan.
Peran teknologi informasi di dunia kerja. Artikel efektifitas penggunaan komputer dalam bidang pertanian. Makalah pengaruh teknologi terhadap perusahaan. Contoh proposal efektifitas kinerja pegawai. Pengaruh teknologi terhadap produksi hasil pertanian. Peran ilmu tekhnologi dalam dunia kerja. Pengaruh teknologi dalam bidang peternakan.
Peran it dalam dunia kerja. Manfaat teknologi terhadap perusahaan. Pengaruh teknologi ke penawaran. Perusahaan yang menggunakan tenaga kerja manusia dan tenaga mesin. Manfaat efektivitas kerja. Pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia kerja. Teknologi mesin dan efektifitas kerja.
Mesin amplas kegunaan. Tenaga kerja vs mesin. 
carapediadotcom
Bagikan ke :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share