Rabu, 24 Oktober 2012

Sopir Dihukum Kalau Kencing di Terminal


Pengelola Terminal Tirtonadi Solo menerapkan sanksi unik bagi sopir dan awak bus yang kencing sembarang tempat. Yakni, dihukum menulis kalimat 'Saya tidak akan kencing sembarangan' sebanyak satu buku tulis. 

Selain itu, sopir dan awak bus yang melanggar akan dibuat malu dengan diberitahukan kepada kerabatnya di rumah atas ulah yang dilakukannya.

"Kalau ketahuan kencing sembarangan, mereka langsung saya panggil dan saya kasih wejangan," kata MV Jammila, Kepala Unit Teknis Pelayanan Dinas Terminal Tirtonadi Solo yang dituliskan Sabtu (25/8).

Sebelum sanksi menulis kalimat pernyataan sebanyak satu buku, para sopir dan awak bus sebelumnya diberi sosialisasi dengan menandatangani surat pernyataan tidak akan kencing di sembarang tempat di komplek Terminal Tirtonadi di atas materai Rp6.000.

"Kalau pertama kali ketahuan kencing sembarangan langsung tandatangan di atas materai itu. Kalau diulangi lagi baru hukuman menulis satu buku diterapkan," kata dia.

Sebenarnya tujuan penerapan sanksi itu, kata Jammila, untuk mengedukasi para sopir dan awak bus agar bisa menjaga kebersihan lingkungan Terminal Tirtonadi. "Kalau kencing sembarangan dikhawatirkan terkena hewan penyegat. Yang lebih parah kalau ada aliran listrik bisa-bisa kesetrum," ujarnya.

Di Terminal Tirtonadi juga sudah dibangun fasilitas toilet yang bersih dan memadai. Terutama fasilitas itu diperuntukkan gratis khusus sopir dan awak bus. "Sudah disediakan gratis kok masih nekat kencing di ban bus. Mereka itu bandel. Alasannya mereka tidak kuat kebelet pipis," tutur dia.

Selain menerapkan sanksi, aktifitas sopir dan awak bus diintai oleh para petugas terminal dan kamera CCTV di sejumlah titik Tirtonadi. "Kalau ketahuan kencing sembarangan langsung kita panggil," kata Jammila yang merupakan kepala terminal perempuan pertama di Solo.

Selama sanksi itu diterapkan sudah ada beberapa sopir maupun awak bus yang melanggar. Rata-rata mereka adalah sopir baru yang baru mengerti ada sanksi tersebut. "Sejak ada yang kena sanksi, sosialisasi langsung menyebar dari mulut para sopir. Aturan ini cukup efektif," tambahnya.

http://www.bimapedia.com/2012/08/hukuman-unik-bila-kencing-sembarangan.html#ixzz299alhq12
Bagikan ke :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share