Kamis, 25 Oktober 2012

Polisi AS Dipecat Karena Ejek Ras Kulit Mitam


Dua polisi perempuan London, Inggris, dipecat setelah dalam sebuah obrolan salah satu dari mereka menyebut orang kulit hitam seperti monyet dan gorila. Obrolan yang bersifat rasis itu terekam iPhone milik seorang rekan mereka tanpa mereka sadari.

Constable Rosanna Garofalo dan Joanna Sugda tengah berada di ruang ganti di Pos Polisi Islington, London, pada Maret lalu ketika seorang rekan mereka meninggalkan iPhone-nya di loker di tempat kerja dengan posisi tombol record sedang menyala. Ketika rekaman dari iPhone itu diputar ulang, Garofalo terdengar mengatakan bahwa orang kulit hitam "semua terlihat sama. Mereka semua tampak seperti monyet."

Dalam sebuah sidang tentang masalah disiplin, polisi itu terdengar telah mengatakan bahwa dia tidak akan pernah bisa tidur dengan pria kulit hitam dan pacarnya tidak akan tertarik pada perempuan kulit hitam karena mereka terlihat 'seperti gorila'.

Saat melukiskan seorang polisi lain, ia menambahkan, polisi itu (seorang perempuan) memiliki 'wajah seperti gorila', dia sangat jelek'.

Sugda (32 tahun), terdengar tertawa di latar belakang setelah berkata, "Kamu tidak boleh bilang begitu."

Sabtu (8/9) malam, Garofalo yang merasa malu membela tindakannya dengan mengatakan, insiden tersebut telah ambil di luar konteks. Kepada Sunday Mirror, dia berkata, "Terkait dengan bahasa yang digunakan dalam percakapan kami yang terekam itu, saya menyatakan bahwa itu telah diambil di luar konteks. Saya bukan seorang yang rasis dan masih tidak percaya bahwa percakapan kami itu harus memiliki konotasi rasis."

Rekaman itu, yang terjadi pada 9 Maret, diserahkan kepada staf senior dan kedua petugas itu dipecat dalam sidang disipliner pada 29 Agustus karena perbuatan yang tidak pantas.

Garofalo telah mengajukan keberatan terkait pemecatan itu yang dinilainya tidak adil.

Kasus rasisme banyak terjadi Kepolisian Metropolitan London. Daily Mail, Minggu, melaporkan bahwa berdasarkan data Metropolitan Police, ada 96 klaim rasisme dilakukan para petugas polisi yang telah dirujuk ke Komisi Pengaduan Kepolisian Independen (IPCC) antara 1 April dan 1 Juni tahun ini. 

Sejumlah polisi lain di Metropolitan Police, London, kini tengah menghadapi tuduhan rasisme. Mereka antara lain Kevin Hughes (36 tahun), dan David Hair (40), yang ditempatkan di Newham, London Timur walau mereka berdua membantah tuduhan-tuduhan itu di pengadilan pada Rabu.

Philip Juhasz (31) dipecat Juli lalu setelah ia mengatakan kepada seorang manajer takeaway asal Pakistan di King's Cross untuk 'kembali ke negara asalmu bangsat' hanya karena manajer itu menolak untuk memberi diskon untuk makanan yang dipesan.

Seorang polisi perempuan kulit hitam juga dipecat karena melecehkan rekannya yang kulit hitam dan putih di Westminster tahun ini.

http://www.bimapedia.com/2012/09/bilang-kulit-hitam-seperti-gorila.html#ixzz29AH6C5Jm
Bagikan ke :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share