Rabu, 24 Oktober 2012

Indonesia Akan Beli Rudal dari AS


Pemerintahan Barack Hussein Obama mengusulkan menjual rudal dan perlengkapan lain untuk melengkapi peralatan Angkatan Udara Indonesia tengah berkembang. 

Kantor berita Reuters melaporkan, Minggu (26/8) Amerika Serikat juga akan menjual pesawat F-16 senilai Rp 237,7 miliar. Negara Adidaya itu ingin meningkatkan hubungan keamanan dengan negara sahabat dan sekutu di wilayah Asia, tengah kacau oleh kekuasaan militer China yang ingin menegaskan teritori mereka.

Indonesia telah meminta beberapa misil seperti rudal latihan, Maverick All-up-round, dan 18 AGM-65K2. Ditambah dengan suku cadang, peralatan uji dan pelatihan personil. Pihak Pentagon mengatakan Indonesia bakal membutuhkan rudal untuk melatih pilot F-16 bekerja dan membidik tepat sasaran.

Amerika memuji rudal pilihan Indonesia. RUSP-65 Maverick yang dirancang oleh perusahaan Raytheon terkenal di negara itu. Senjata ini mampu menyerang berbagai sasaran taktis seperti pertahanan udara, kapal, transportasi darat dan gudang penyimpanan amunisi.

Jual beli senjata memberi kontribusi bagi Indonesia dan membuat negara ini menjadi mitra regional Amerika di salah satu daerah penting dunia. Amerika bakal meminjamkan dua lusin F-16 demi memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Obama dan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono telah mengumumkan transfer F-16 akan dilaksanakan November pada kunjungan Obama ke kawasan Asia-Pasifik.

http://www.bimapedia.com/2012/08/as-berencana-jual-rudal-ke-indonesia.html#ixzz299cbthka
Bagikan ke :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share