Rabu, 10 Oktober 2012

Fenomena Pororoca Sungai Amazon


Fenomena Pororoca Sungai Amazon
Jakarta, KasaKusuK.com
Bulan Februari ini sangat ditunggu-tunggu dengan penuh semangat oleh para Peselancar dunia, di mana air Samudera Atlantik akan menggulung sungai Amazon dan menghasilkan gelombang terpanjang di dunia, yang dikenal sebagai Pororoca. Ini terjadi karena adanya pasang surut dari Samudera Atlantik yang akan memenuhi muara sungai.
Kejadian ini akan menghasilkan gelombang dengan ketinggian hampir sampai 4 meter dan bertahan selama lebih dari setengah jam, lebih hebat lagi gelombang yang datang begitu kuat sehingga kedatangannya sudah bisa didengar 30 menit sebelumnya. Gelombang kuat itu dapat menghancurkan apapun, termasuk pohon-pohon.
Kedatangan Peselancar dunia ini semuanya profesional, karena berselancar di Pororoca sangat berbahaya, air gelombang akan dipenuhi juga dengan puing-puing pinggir sungai, ranting-ranting dan batang pohon. Catatan menunjukkan Peselancar Brazil pada tahun 2003 berhasil naik gelombang selama 37 menit dengan ketinggian hampir 4 meter, dan melakukan perjalanan di atas gelombang sepanjang 12,5 kilometer.
Para Peselancar profesional tersebut mengatakan "sebuah mimpi mengendarai gelombang hampir tidak pernah berhenti." (sakti, Brazilian Catalog) http://nbcgeonair.blogspot.com sumber : http://kasakusuk.com
Bagikan ke :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share