Rabu, 24 Oktober 2012

Dampak tertawa Bagi Kesehatan



Tertawa adalah obat terbaik untuk mengatasi masalah kesehatan dan masalah psikologis. Dengan kata sederhana, tertawa tidak hanya mengurangi stres dan rasa sakit tapi juga meningkatkan tingkat energi kita. Hal ini juga bisa menebarkan rasa kebahagiaan dan memberikan sebuah ikatan antara Anda dan orang sekitar.
Tertawa dapat beberapa kali memecahkan banyak masalah. Ini sebenarnya dapat memicu meningkatnya hidup yang sehat. Mari kita mengintip manfaat kesehatan yang dikandung dalam tawa dan bagaimana membuktikan bahwa tertawa adalah obat terbaik.
Meningkatkan Sistem Kekebalan
Dokter dan profesional kesehatan mengatakan bahwa tertawa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Melakukannya dengan mengurangi produksi hormon stres dalam tubuh kita. Saat tertawa, tubuh kita rileks dan melepaskan hanya emosi positif yang kita terima langsung dari sistem kekebalan tubuh kita. Emosi positif menekan stres dan menyegarkan pikiran, sehingga menjaga Anda sepanjang untuk tetap aktif sepanjang hari.
 
Pembuluh Darah Berfungsi Lebih baik
Hal ini membuat lapisan dalam pembuluh darah kita bekerja memperluas menghasilkan aliran darah yang lebih baik dalam tubuh. Hal ini membantu dalam aliran darah yang cukup berlimpah sehingga menjaga hati dengan baik, pembuluh darah sehat dan aktif. Dengan 10-15 menit tertawa setiap hari juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.
 
Oksigenasi Tubuh
Ketika kita tertawa, kita mengambil banyak oksigen pada satu waktu dan proses ini diulang beberapa kali dalam perjalanan tertawa yang Anda lakukan. Menghirup oksigen dapat membunuh bakteri dan parasit di mulut, tenggorokan dan perut karena mereka tidak dapat bertahan dengan adanya oksigen. Hal ini juga mengurangi kemungkinan penyakit kanker.
 
Menghasilkan Bahan Kimia yang Sehat
Tertawa memicu produksi biokimia yang sehat seperti serotonin dan interleukin yang ada di tubuh kita. Biokimia ini dapat membantu dalam menyembuhkan berbagai gangguan kronis dan penyakit.
 
Efek Psikologis
Tertawa adalah salah satu terapi yang populer yang membantu dalam menjaga hubungan yang sehat. Tertawa dapat mengirimkan sinyal sosial yang berhubungan dengan percintaan, ataupun ikatan persahabatan. Hal ini dapat menciptakan suasana yang positif bagi Anda dan lingkungan.
 
Beberapa cara terbaik untuk merangsang tawa bisa dilakukan dengan menonton acara TV komedi, film, ataupun bersenda gurau dengan teman bahkan dengan pasangan Anda. Tertawa adalah obat penawar yang ampuh untuk banyak penyakit. Tertawa dapat menyembuhkan, memperbaharui dan membawa tubuh kita kembali ke keseimbangan.
 
Jadi, setiap kali Anda merasa ingin tertawa, tertawalah dengan lepas dan selalu tetap sehat. Anda tentu masih ingat tagline grup lawak legendaris Warkop DKI 'Tertawalah Sebelum Tertawa Itu Dilarang', bukan?

http://www.bimapedia.com/2012/07/manfaat-tertawa-bagi-kesehatan.html#ixzz28xzLpgTy
Bagikan ke :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share