Cara Menggambar Clean UP dan
Sisip. Menggambar adalah kegiatan membentuk imajinasi, dengan
menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat
tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat
gambar. Pelakunya populer dengan sebutan penggambar/juru gambar yang
merupakan salah satu bagian pekerjaan dari perupa.
Saat ini kegiatan menggambar sudah
melibatkan komputer dalam pengerjaannya. Bahkan semakin dominannya
penggunaan komputer dalam bidang gambar-menggambar seakan telah
menggeser sebutannya dari alat bantu menjadi alat utama dalam
menggambar. Meskipun demikian dalam Menggambar Clean UP dan Sisip,
penguasaan konsep menggambar (solid drawing) dari seorang juru
gambar/penggambar tetap memegang peran utama yang tidak dapat
digantikan. Berikut daftar perangkat lunak yang memungkinkan kegiatan
menggambar :
- Microsoft Expression
- Inkscape
- Adobe Photoshop
- Adobe Illustrator
- Paint Shop Pro
- Corel Painter
- Pixia
- Colourpaint
- Microsoft Paint
- The GIMP
- Open Canvas
Istilah “Clean-Up” merujuk kepada proses penyempurnaan karya seni kasar animasi 2D.
Tujuan dari cara menggambar Clean Up adalah untuk menciptakan animasi
dengan halus, garis konsisten dan garis berat sebelum ditransfer ke cels
untuk melukis. Kadang-kadang animator menyebutnya dengan seni
bersih-bersih dengan pensil atau tinta. Proses Clean Up dapat dilakukan
secara konvensional yaitu saat awal pembuatan gambar sebelum di scan
atau dilakukan setelah proses scan menggunakan komputer.
Menggambar Clean UP dan Sisip
Menggambar Clean Up adalah membersihkan
gambar dengan cara menjiplak pada animasi. sedangkan menggambar sisip
adalah menyisipkan gambar, warna atau teks pada animasi. Pada proses
ini lebih mudah dilakukan menggunakan komputer. Software yang dapat
digunakan pada tahap ini adalah seperti yang telah disebutkan di atas.
Cara Menggambar Clean Up dan Sisip pada
dasarnya adalah teknik menggambar yang biasa digunakan dalam pembuatan
bahan animasi 2 dimensi (bidang datar) mulai dari pembuatan sketsa obyek
gambar yang masih berupa goresan-goresan kasar hingga terbentuknya
garis tegas layout maupun garis-dalam pada obyek sampai penyisipan
gambar, warna atau teks sehingga menghasilkan gambar yang indah seperti
aslinya.
Tracing
Dalam cara menggambar clean up dan sisip
pada proses pembuatan animasi 2 dimensi terkadang dan bisa juga sering
dilakukan Tracing. Berawal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri
atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan
memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan bisa berarti menjiplak
gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan
format gambar dari bitmap menjadi vector biasa.
Software untuk Tracing
Beberapa software yang digunakan untuk
tracing dalam proses Menggambar Clean UP dan Sisip diantaranya : Adobe
Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Zara X ataupun software
khusus tracing seperti Corel Trace dan Adobe Illustrator. Bahkan pada
Adobe Ilustrator CS 1 ke atas sudah tertanam tool live trace di
programnya yang mampu mengkonvert gambar bitmap menjadi vector dalam
hitungan detik. Dalam terminologi komputer grafis, vector adalah
sekumpulan objek dalam garis atau bentuk tertentu yang dapat
didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan memiliki resolusi
bebas. Karena itu, vector bisa diperbesar dalam ukuran berapa pun tanpa
kehilangan resolusinya.
Tracing adalah teknik penggambaran
cepat, baik secara manual atau digital untuk menjawab tuntutan proses
produksi animasi yang berpacu dengan waktu. Tanpa tracing, barangkali
tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air brush style
sekalipun.
Teknik Tracing ada 2 :- Manual Tracing. Yaitu meletakkan gambar asli dibawah kertas kalkir, lembaran acetate, mika susu/kodaktris, boleh kertas doorslag, atau kertas roti. Lalu dilakukan proses menggambar dilakukan di atasnya menggunakan pensil atau tinta.
- Digital Tracing. Tracing digital saat ini banyak dikerjakan dengan bantuan komputer. Gambar asli di-scan, lalu dijiplak lewat bantuan piranti lunak semacam Adobe Illustrator, Adobe Freehand, Adobe Photoshop, Coreldraw atau Corel Painter.
Produk yang dihasilkan dari tracing
adalah illustrasi vector, untuk kebutuhan illustrasi yang biasanya akan
dipakai pada desain-desain poster, iklan-iklan koran bahkan web dan
film-film animasi kartun. Tracing yang dilakukan dengan bantuan aplikasi
berbasis bitmap semacam Photoshop, photopaint atau Painter disebut
dengan tracing bitmap. Dalam Cara Menggambar Clean UP dan Sisip, tracing
bitmap lebih banyak dikerjakan dibidang screen printing dan tekstil
printing. Tracing bukanlah masalah menjiplak dalam arti sempit, tracing
adalah teknik penggambaran ulang baik manual atau digital. Dalam
illustasi, tracing adalah style yang membutuhkan kemampuan trace dan
penguasaan aplikasi grafis khususnya untuk digital tracing. (dari berbagai sumber)
http://oprekzone.com/cara-menggambar-clean-up-dan-sisip-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar