MAU DAPAT DUIT DI INTERNET DENGAN MUDAH ? KLIK INI> LINKBUCKS.COM , GRATIS !!

Selasa, 09 Oktober 2012

10 Tips Praktis dan Mudah Seputar Dapur


Dapur adalah bagian dari rumah yang sangat penting dan vital. Wilayah kekuasaan wanita ini kadang terlihat kotor, berbau dan tidak sedap dipandang mata. Berikut ini adalah 10 tips praktis dan mudah seputar membersihkan dapur, perlengkapannya dan sekitarnya. Selamat mencoba….
10 tips praktis dan mudah seputar kebersihan dapur

1. Mengusir bau lemari es dan lemari makan

Lemari es (kulkas) dan lemari makan kerap menimbulkan bau yang tidak sedap, karena makanan yang kita simpan didalamnya. Ada berbagai cara untuk mengusir bau dari dalam kulkas maupun lemari makan. Ada yang menyarankan dengan menaruh vanili cair didalam kulkas atau lemari makan, saya sudah pernah mencobanya tetapi tidak cukup ampuh mengusir bau. Aroma sayur dan makanan tetap tercium jika kita membuka kulkas atau lemari makan. Ada pula penyerap bau yang dijual ditoko-toko yang terbilang cukup ampuh mengusir bau. Namun ada cara yang lebih efektif dan ekonomis (baca: hemat dan irit) untuk mengusir bau, yaitu dengan ARANG KAYU, yup, arang kayu atau karbon aktif sangat ampuh mengusir bau yang tidak sedap dari dalam kulkas dan lemari makan.
Caranya : Ambil arang kayu secukupnya (banyak juga boleh), hancurkan hingga berukuran kecil seperti kerikil, tempatkan dalam wadah atau mangkok, lalu letakkan dalam kulkas dan lemari makan, dijamin bau dari dalam kulkas atau lemari makan anda akan berkurang dan hilang.
arang kayu untuk mengusir dan menyerap bau di kulkas dan lemari makan

2. Kegunaan koran bekas

Jangan buang dulu koran bekas anda atau meloakannya. Kita dapat memanfaatkan koran bekas untuk membersihkan sisa minyak disekitar kompor atau dinding dapur anda.
Caranya : Ambil koran bekas secukupnya, remas-remas sedikit buat seperti bola lalu sapukan didaerah yang tersena cipratan minyak goreng, seperti kompor, lantai dapur, dinding dapur. Itu sedikit membantu membersihkan cipratan minyak.
Koran bekas juga dapat digunakan untuk membungkus brokoli agar tahan lama dan tidak cepat menjadi kuning dan layu.
Caranya : Cukup bungkus brokoli dengan koran bekas hingga semua tertutup rapat, lalu simpan dalam lemari es.
koran bekas berguna untuk mengelap kompor dan membungkus brokoli

3. Tips menghilangkan noda teh dan kopi di gelas

Jika anda penggemar teh dan kopi dapat dipastikan gelas atau cangkir anda meninggalkan bekas minuman favorit anda. Menghilangkan noda teh dan kopi hanya dengan bantuan sabun pencuci piring memang agak susah dan merepotkan. Ada cara yang mudah, praktis dan hemat untuk mengembalikan gelas atau cangkir anda kembali bersinar dan tidak kusam.
Caranya : Siapkan jeruk nipis, garam dan gula pasir. Peras jeruk nipis dalam gelas yang bernoda campurkan setengah sendok teh gula pasir dan garam. Gosok-gosokan noda teh dengan menggunakan sabut cuci piring hingga noda menghilang.
noda teh dan kopi dapat dihilangkan dengan campuran jeruk nipis, gula pasir dan garam

4. Cuka untuk membersihkan bak cuci piring

Sink bak cuci piring seringkali menjadi tempat yang sangat kotor, berminyak dan tidak steril, meskipun sudah dicuci dengan cairan pembersih piring. Untuk hasil maksimal gunakan cuka untuk membersihkan bak cuci piring agar terbebas dari kotoran, minyak, lumut dan noda-noda.
Caranya : Tuangkan beberapa tetes (banyak juga boleh) cuka diatas permukaan bak cuci piring yang ingin dibersihkan. Gosok-gosok menggunakan busa yang kasar tanpa menggunakan sabun. Cuci bersih setelahnya, sink akan kembali bersih kesat dan bebas dari minyak.
cuka berguna untuk membersikan sink agar kembali bersinar dan kesat

5. Cara cepat mencuci blender

Kadang kita malas untuk mencuci blender setelah membuat jus segar, biasanya kita merendamnya dengan air dan mencucinya dilain waktu. Ada cara cepat, praktis dan mudah mencuci blender.
Caranya : Setelah blender digunakan, isi kembali blender dengan air dan beberapa tetes cairan atau sabun pencuci piring, kemudian letakkan kembali blender diatas motor penggeraknya. Hidupkan blender selama kurang lebih 30 detik, dan bilas untuk hasil akhir. Blender anda kembali bersih.
tips mencuci blender dengan mudah dan praktis

6. Tips membersihkan tempat sampah dapur

Tempat sampah dapur adalah benda yang sangat kotor, penuh dengan kuman dan bakteri. Meskipun kita sudah melapisnya dengan plastik namun terkadang plastik yang kita letakan pada tempat sampah tersebut lubang karena tertusuk benda yang ada didalamnya (seperti duri ikan, tusuk sate dll) dan meninggalkan kotoran atau cairan sisa-sisa makanan dan menggendap di dasar tempat sampah. Memberihkan tempat sampah tidak begitu sulit, caranya dengan menggunakan baking soda.
Caranya : Tuangkan baking soda dalam tempat sampah atau diatas sikat untuk membersihkannya. Gosok dan sikat tempat sampah, dapat diulangi dengan menggunakan sabun untuk hasil maksimal.
baking soda berguna untuk membersihkan tempat sampah di dapur

7. Tips mencuci serbet makan

Terkadang kita malas untuk mencuci lap atau serbet makan dan memilih membuangnya kemudian membeli yang baru. Mencuci lap makan yang kotor, penuh noda dan minyak tidaklah sukar.
Caranya : Kumpulkan lap makan yang ingin dicuci dalam ember atau wadah tahan panas, tuang deterjen pencuci pakaian dan siram dengan air panas (lebih baik jika terendam semua). Tunggu hingga dingin, kemudian cuci dan bilas hingga kembali bersih.
tips mencuci lap/serbet agar kembali bersih

8. Tips membersihkan kotoran disela-sela ubin

Lantai dapur, bagian bawah kompor, dinding dapur atau seluruh bagian dapur yang tertutup keramik pasti meninggalkan residu kotoran disela-sela (nat) keramik berupa noda, sisa-sisa minyak dan makanan yang menumpuk. Cara mebersihkannya adalah dengan menggunakan skrap (alat bangunan/pertukangan) yang biasanya untuk mengerok tembok.
Caranya : Kerok nat keramik yang kotor dengan menggunakan skrap, hingga kotoran terangkat, lalu bersihkan dengan lap basah atau kering.

http://nbcgeonair.blogspot.com

9. Tips membersihkan bagian bawah panci dan wajan

Bagian bawah wajan dan panci kerap sulit dibersihkan, apalagi wajan yang kerap meninggalkan sisa-sisa minyak sehingga mengerak dan sulit untuk dibersihkan dengan spon atau sabut cuci piring. Ada cara mudah untuk membersihkan pantat wajan dan panci.
Caranya : Gunakan sikat gigi bekas kemudian tuang beberapa tetes cairan pencuci piring kemudian sikat-sikat, bilas hingga bersih.
tips membersihkan bagian bawah wajan dan panci

10. Tips menutup lubang tikus

Rumah kita tidak luput dari lubang-lubang tempat tikus dapat dengan leluasa keluar masuk tanpa sepengetahuan kita. Jika kita sudah menemukan lubang sebagai tempat jalan keluar-masuk tikus maka kita dapat menutup lubang tersebut agar tikus tidak dapat masuk ke dalam rumah kita lagi. Sabut cuci piring yang yang terbuat dari stainless steel atau disebut steel wool.
Caranya : Sumpal lubang dengan steel wool hingga rapat dan kuat, pastikan tikus tidak cukup kuat mendorong steel wool.


menutup lubang tikus dengan steel woolsumber :?http://menjelmania.blogspot.com/2012/10/10-tips-praktis-dan-mudah-seputar-dapur.html
Bagikan ke :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter fb share